Thursday, January 14, 2010

Khasiat Mujarab Jus Buah

Tubuh kita selain memerlukan gizi seimbang juga memerlukan vitamin, yang dapat diperoleh dari beberapa makanan, terutama buah-buahan dan sayuran. Sumber vitamin alamiah tersebut mangandung zat-zat potensial yang dapat mencegah penuaan dini, serta mampu mempercepat kesembuhan, mengurangi gejala reumatik, mencegah karies gigi dan diare, menyembuhkan sakit kepala,serta mencegah pertumbuhan kanker.

Oleh karena itu vitamin harus di konsumsi secara teratur. Vitamin yang di peroleh dari buah dapat di olah sebagai minuman yang segar, yaitu dengan cara di jadikan jus buah. Buah selain mengandung vitamin, pada umumnya juga memiliki keunggulan khusus antara lainsebagai berikut:


APEL



Buah apel sangat ampuh sebagai bahan detoksifikasi atau pembuang racun. Apel dapat mengurangi sembelit (kesulitan buang air besar) dan gangguan pencernaan lain, mengurangi nyeri pada gejala reumatik, nyeri sendi, dan gout. Bila diminum secara teratur apel juga dapat mencegah peningkatan kolesterol dan menguatkan ginjal. Kandungan potasiumnya membantu memelihara kesehatan tulang.


ALPUKAT


Buah alpukat dapat berfungsi sebagai pencahar alamiah yang efektif. Dianjurkan untuk mengkonsumsi buah yang masak. Buah berdaging kuning ini mampu mambantu menurunkan kadar kolesterol dengan lemak tak jenuh yang di kandungnya.



JAMBU BIJI

Buah jambu biji membantu penyembuhan infeksi. Kadar serat pektinnya yang tinggi sanggup melancarkan pencernaan.




JERUK


Segelas perasan jeruk dapat memberikan dua kali kebutuhan sehari akan vitamin C pada tubuh kita. Bermanfaat untuk meringgankan flu dan kemulusan kulit kita. Jeruk juga kaya akan asam folat yang berguna untuk mencegah pengaruh buruk sinar matahari pada kulit kita dan malancarkan metabolisme.


MANGGA

Kandungan vitamin A dan C, serta seratnya yang cukup tinggi membuatnya unggul sebagai antioksidan (pencegah penyakit degeneratif, termasuk kanker). Zat eremophiline di dalamnya berfungsi melancarkan aliran darah.






NANAS


Kandungan gula alamiahnya sangat baik untuk memberikan energi yang tidak menggemukkan, karena diimbangi dengan kandungan serat yang cukup tinggi.





PEPAYA


Pemasok vitamin C, karoten, dan serat pektin yang tinggi. Pepaya bermanfaat melancarkan pencernaan dan memudahkan buang air besar. Enzim papainnya dapat membantu penyembuhan luka lambung.





MELON

Di Cina , melon berwarna jingga digunakan untuk mengobati hepatitis. Namun, yang berwarna hijau tak kalah bermanfaat, terutama karena kandungan vitamin C yang tinggi sebagai antioksidan yang efektif. Mengandung antikoagulan yang dapat mencegah penggumpalan darah, salah satu penyebab stroke dan serangan jantung.



TOMAT


Rendah dalam kalori (hanya 40 per gelas jus) serta tinggi kandungan vitamin A dan C, juga kalsium. Tomat kaya akan zat likopen, yang mirip dengan fungsi beta karoten untuk mencegah kanker. Menjaga kesehatan hati, dengan zat klorinnya yang merangsang hati untuk menyaring bahan beracun dan sulfur yang menyehatkan hati.



WORTEL


Mengandung karotenoid atau provitamin A yang efektif memelihara sel-sel di seputar mata, selaput lendir hidung, dan lapisan terluar dari kulit kita. Beta karotennya efektif membantu mencegah kanker dan penyakit pembuluh darah, mengurangi berbagai gejala penyakit, termasuk penyakit-penyakit akibat merokok serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Oleh Dr Jenny Soekamto

No comments:

Post a Comment