Sunday, January 17, 2010

A - F untuk kesehatan jantung

Ada beberapa langkah yang perlu diingat untuk membantu anda dan anggota keluarga lain memperkecil resiko terkena penyakit jantung koroner. Ingat saja enam urutan pertama rangkaian alfabet ( dan tentu saja melaksanakannya ) menuju jantung lebih sehat:

  • Aspirin atau Antiplatelet
Pemberian aspirin dengan dosis 75 mg/hari dapat mengurangi komplikasi dan kematian sebesar kira-kira 30%. Aspirin sebaiknya diberikan pada semua penderita penyakit jantung koroner(PJK) dan mereka yang belum terkena PJK namun beresiko tinggi.

  • Body weight dan Blood pressure

Agar terhindar dari gangguan jantung, mereka yang kelebihan berat badan dianjurkan untuk menurunkan bobotnya hingga mencapai bobot ideal, yaitu yang body mass index-nya <25vkg/m2. Demikian pula dengan tekanan darah yang sebaiknya dijaga sekitar <130/85 mmHg.

  • Cigarette smoking dan Cholesterol
Kebiasaan merokok harus dihentikan baik pada penderita PJK, pada kelompok yang beresiko tinggi, bahkan pada mereka yang sama sekali tidak punya keluhan di jantungnya. Sedangkan kadar kolesterol harus dijaga di seputar angka<>35 mg/dl (untuk HDL).

  • Diet dan Diabetes
Yang dibutuhkan oleh mereka yang beresiko tinggi mengalami PJK adalah diet rendah kolesterol, rendah asam lemak jenuh, dan rendah garam bagi mereka yang bertekanan darah tinggi. Sementara untuk memperkecil resiko PJK, penderita diabetes juga harus mengontrol kadar gulanya dengan diet tepat dan obat-obatan khusus.

  • Exercise dan Education

Olahraga, meski jalan kaki ringan sekalipun, boleh dibilang merupakan unsur mutlak untuk mencegah PJK. Sedangkan penyebaran informasi mengenai PJK merupakan salah satu upaya pencegahan untuk memperkecil timbulnya kasus-kasus maupun angka kematian akibat PJK.


  • Family Screening

Pemeriksaan atau check -up kesehatan pada keluarga penderita PJK penting dilakukan agar gangguan atau resiko PJK sedini mungkin dapat diketahui dan kalau perlu diatasi. Cek kesehatan ini semakin penting artinya bila:
  1. Semakin muda usia anggota keluarga yang terkena PJK.
  2. Semakin dekat hubungan darah.
  3. Semakin banyak anggota keluarga langsung yang terkena PJK atau penyakit pembuluh darah lain.




No comments:

Post a Comment