Sunday, March 7, 2010

Tetap sehat dan langsing dengan air putih

Tahukah anda minum air putih dalam jumlah yang cukup bukan hanya membuat kita sehat tapi juga membantu kita untuk tetap langsing?

Banyak cara dilakukan orang untuk langsing. Berdiet atau minum obat pelangsing bagi sebagian orang mungkin merupakan cara yang cukup efektif. Tapi jika tidak hati-hati efek samping justru bisa membahayakan. Diet yang terus-menerus dilakukan bisa jadi membuat seseorang malah kekurangan nutrisi tertentu yang dibutuhkan tubuh. Akibatnya, kesehatan malah bisa terganggu. Sementara, minum obat pelangsing tidak boleh sembarangan, salah-salah bisa ketagihan.

Olahraga yang teratur, mengikuti pola makan yang sehat, serta banyak minum air putih sehat adalah solusi terbaik untuk menjaga tubuh tetap langsing, bugar dan sehat.
Minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya, merupakan kunci untuk mengurangi berat badan. Mengapa?

Air putih tidak mengandung kalori. Itu suatu keuntungan bila anda mencoba menghindari kalori, yang mungkin saja ada dalam minuman lain. Air putih secara alamiah memiliki kadar sodium yang rendah dan tidak mengandung lemak atau kolesterol.
Selain itu bila air di dalam tubuh tidak cukup, tubuh akan sulit metabolisme lemak. Tubuh orang dewasa mengandung air sebesar 65%. Jumlah ini harus terjaga agar metabolisme tubuh bisa berjalan lancar. Jika tubuh kekurangan air, serat makanan ( yang terdapat pada biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, buah dan sayuran) tidak bisa mengembang dan berfungsi. Padahal serat makanan efektif menurunkan berat badan. Kombinasi serat dan air akan mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga keinginan untuk makan menjadi berkurang.
Bukan hanya itu, dengan air, serat akan bekerja meningkatkan pengeluaran lemak dan nitrogen melalui tinja. Jika air dalam tubuh mencukupi, air itu bersama serat makanan yang kita makan akan menstimulansi tubuh untuk memproduksi HDL (lipoprotein berkepadatan tinggi) atau kolesterol baik. HDL mengambil LDL (lipoprotein berkepadatan rendah) atau kolesterol buruk dan membuangnya ke usus untuk dibuang.
Air juga membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh. Sebuah penelitian memperlihatkan, pada orang yang mengalami dehidrasi hingga kehilangan cairan tubuh sebanyak 2% bobot tubuhnya, jumlah kalori yang terbakar dalam tubuh berkurang 3%.
Itu sebabnya, bagi orang yang kelebihan berat badan dianjurkan untuk banyak minum air putih. Para ahli menyarankan jumlah minimum air yang harus diminum adalah 8 sampai 10 gelas perhari. Jumlah tersebut perlu ditambah jika seseorang banyak melakukan olahraga atau berada di daerah yang beriklim panas.
“ Bagi mereka yang kelebihan berat badan jumlah itu harus ditambah 1 gelas setiap kelebihan berat badan sebanyak 25 pon” Kata Dr Philiph Stormman MD, dari The International Sports Medicine, New York.
Dengan jumlah air yang cukup tubuh kita jadi lebih langsing dan segar.

No comments:

Post a Comment